Thursday, 11 February 2016

Study Sosial

PENGERTIAN STUDI SOSIAL

            Berikut ini akan diberikan beberapa pengertian studi sosial:
  1. The committee on the Social Studies of the National Education Associaton`s and Reorganisation of Secondary Education in 1916,memberikan definisi sebagai berikut:
“those (studies) whose subject matter relates to the organisation and development of human society and to man as member of social group”(Artur C. Binning & David H.Binning,Teaching the Social Studies in secondary school 1952.New York,page.2)

      Maksudnya ialah,studi sosial merupakan mata pelajaran yang menggunakan bahan ilmu-ilmu sosial untuk mempelajari hubungan manusia dalam masyarakat dan manusia sebagai anggota masyarakat.

  1. Paul Mathias,dalam bukunya The Teacher handbook for social Studies,Blandford press,London 1973,page 20-21,mengatakan:
“The study of man in society in the past,present and future.Social studies emerges as a subject of prime importance for study in school”.

Artinya,Studi sosial ialah suatu mata pelajaran manusia dalam masyarakat pada masa lalu,masa kini,dan masa yang akan datang (tekadnya pada masalah hubungan manusia)

  1. Edgar B,Wesley,Teaching Social studies.D.C Heath & Co,Boston 1952 page.9 mengatakan
“those portons or aspects of the social sciences that have been selected and adapted for use in the school or in other instructional situation”.
Diakatakan juga bahwa,
“The social studies are the social sciences simplified for paedogogical purpose in school”.
“The social studies consist of Geography.history,economic,sociology,civics and various combination of these subject”.

  1. Leornard S.Kenworthy mengatakan bahwa,
Social studies are the study of people carried on in other to help students understsnd themself and others in varieties of societies in different and at....
Different times as individual and group seek to meet the needs through many institutions as those human beings search for a satisfying a personal philosophy and the good society.

  1. John Jarolimek,dalam bukunya Social Studies in Elementary Education,Third Edition,The Mac Millan Coy New york.1967 page 4,mengatakan:
“The social studies as a part of the elementary school curriculum draw subject matter content from the social sciences,hiustory,sociologypolitical science,social phichology,philosophy,antrhropology and economic.The social studies have been defined as those portion of the social science......selected for instructional purpose”.

  1. Ragam William B,dalam  Modern Elementary Curriculum Holt & Co,New York 1960 mengatakan”
“The Social studies are concerned with the wide dissmination of information,the development of social skill and the improvement of  social behaviour.the social studies program draws materials from the local community that can not be property classified as belonging exclusively to any of them”.

  1. U.S Bureau of Education (The social Studies in secondary Education) mengatakan,
“The social studies are understand to be those whose subject matter relates directly to the organization and develpment of human society and to man as a member of a social group”.
           
Studi sosial adalah:
Ø  Suatu studi tentang hubungan manusia dalam suatu keragaman pola.
Ø  Esensi tujuan yang hendak dicapai adalah mengembangkan warga masyarakat yang baik (efektif),yang memiliki:
1.      ilmu pengetahuan
2.      proses-prose berfikir
3.      sejumlah keterampilan
4.      sikap-sikap dan nilai-nilai
Ø  Fokusnya bertumpu pada:
1.      Interaksi hubungan manusia dengan sosian dan fiskal.
2.      hubungan manusia dengan bumi,kelembagaan dan sistem nilai.
3.      isi program IPS diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial dan sumber-sumber lainya jika diperlukan dalam unut-unit program instruksional.
Ø  Kurikulum diorganisasikan sehingga meliputi:
1.      Tema-tema.
2.      topik-topik.
3.      unit-unit dalam urutan pengembangan.
4.      menggunakan suatu keragaman media dan strategi-strategi mengajar,untuk mencapai tujuan-tujuan.
5.      evaluasi yang terus-menerus pada kegiatan belajar siswa
Ø  Kurikulum bertumpu pada fundasi-fundasi:
1.      disiplin ilmu sosial
2.      psikologi.
3.      historis
4.      filosofis
Ø            Semua program pengajaran IPS mengacu pada dimensi-dimensi:
1.      intelektual
2.      personal.
3.      sosial.
4.      kultural.
5.      waktu dan
6.      dimensi ruang atau tempat
Dari berbagai pendapat di atas ternyata studi sosial lebih banyak menekankan hubungan  antara manusia dengan masyarakat,hubungan antara manusia dalam masyarakat,disamping hubungan manusia dengan lingkungan pisiknya.
Dengan rumusan pendapat diatas,secara umum dapatlah disimpulkan bahwa studi sosial pada hakikatnya ialah kajian mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem hidup bermasyarakat.Kajian ini dilakukan orang dalam bentuk pengajaran disekolah untuk mempersiapkan anak didik menjadi warga negara yang baik,berdasarkan nilai dan kaidah kemasyarakatan yang hidup dan berlaku.

No comments: